Sementara jika kita ingin mengedit secara manual file game baik yang sudah terinstal di harddisk xternal atau yang masih dalam bentuk file Iso dan tersimpan di harddisk PC, maka caranya sebagai berikut:

Pada contoh ini saya akan mencoba mengedit file game secara manual game NFS Underground 2 yang sudah terinstal diharddisk external, dan umpamanya contohnya seperti gambar dibawah ini,

Sebelum kita lanjutkan, sedikit saya uraikan tujuan dari menu ini adalah, dengan menu edit manual ini, maka kita bisa dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan file” yang ada dalam suatu game, artinya begini.

Umpamanya dalam suatu game ada file yang tidak dibutuhkan atau tidak kita gunakan selama dalam memainkan game tersebut di USBAdvance, maka lebih baik file” itu kita nonaktifkan saja.

umpamanya file game yang fungsinya untuk memainkan game tersebut secara online, maka file” game tersebut lebih baik kita nonaktifkan saja, karena biar gimana file tersebut tidak pernah terpake karena USBAdvance tidak mendukung game online.

Atau bisa juga kita nonaktifkan semacam file” bahasa dalam suatu game, biasanya file” bahasa ini terdapat pada suatu game yang mendukung multi bahasa, semacam game BLACK, Pes Management, dan beberapa lagi judul lainnya. Karena biar gimana dalam memainkan game tersebut, pastinya kita cuma menggunakan bahasa yang paling mudah kita mengerti, umpamanya bahasa Inggris, jadi bahasa” lainnya lebih baik kita nonaktifkan saja.

Atau bisa juga kita nonaktifkan file” game yang memuat video atau file” yang sekiranya tidak kita perlukan dalam memainkan game tersebut, contohnya game Tekken 5, dimana sebagian filenya biar gimana lebih baik kita nonaktifkan. Render video di USBAdvance akan terputus-putus, ini dikarenakan transfer data dari koneksi USB yang tidak mendukung.

Serta beberapa faktor” yang lain yang mana file” game tersebut lebih baik kita nonaktikan saja untuk selanjutnya kita ripping dan membuat file gamenya bisa lebih kecil dari sebelumnya.

Untuk mengedit filenya secara manual, maka klik kanan dijudul gamenya, kemudian klik FILES: Configuration >> MANUAL Configuration, seperti contoh gambar dibawah ini,

Dan selanjutnya akan seperti gambar dibawah ini

Tampilan pada gambar diatas jadi seperti itu karena sebelumnya saya coincider dulu video dari game yang saya edit ini, dan digambar diatas dapat kita liat kalau file yang menjadi patokan coincider adalah A_ENGL30.M2V yang berada pada folder B3\OVID\


File A_ENGL30.M2V ini lah yang menggantikan file video yang lainnya.

Sementara file” video lainnya sudah dinonaktifkan semua.

Sekarang kita mencoba menonaktifkan file” yang lainnya yang kita rasa tidak perlu kita aktifkan, mengingat game ini termasuk game yang mendukung game online, maka kita mencari atau mencoba-coba dulu menonaktifkan file” yang kita anggap tidak dibutuhkan.

Klik tombol dropdown pada VIDEOS dan klik ALL, seperti pada gambar dibawah ini,

Dan akan seperti gambar dibawah ini,

Selanjutnya kita cari satu persatu file” yang sekiranya tidak perlu kita aktifkan, dan kita bisa mencoba-coba dulu menonaktifkan satu atau beberapa file yang kita rasa tidak perlu diaktifkan,

Seperti pada contoh ini file yang pertama-tama saya coba” untuk nonaktifkan adalah NTGUI.ELF yang ada didalam folder NETGUI, maka setelah kita pilih filenya akan seperti gambar dibawah ini,

Untuk menonaktifkannya, maka klik 2 kali pada Status File, dan setelah filenya sudah dinonaktifkan akan seperti gambar dibawah ini,

Selanjutnya kita cari lagi filenya yang kita rasa tidak perlu diaktifkan, dan setelah dirasa sudah cukup dulu, maka klik Save changes untuk menerapkan perubahan yang telah kita buat.

Dan selanjutnya kita tes perubahan yang sudah kita buat dengan memainkan gamenya, dan jika gamenya berjalan dengan normal, maka kita lanjutkan mencari lagi file yang bisa kita nonaktifkan dengan cara seperti sebelumnya.

Dan jika pada saat kita menonaktifkan sebuah atau beberapa file terus setelah kita coba mainkan gamenya dan gamenya mengalami hang atau tidak bisa kita mainkan, maka kita tinggal mengaktifkan filenya kembali dengan cara mengkliknya lagi dan Status Filenya akan Yes lagi.

Disini yang berperan penting adalah faktor seberapa sering kita mencoba-coba mengutak atik filenya, dan semakin kita mempelajarinya maka kita akan mendapat gambaran file” apa saja dalam sebuah game yang tidak perlu kita aktifkan.

Dan setelah sudah didapat hasil yang maksimal, dan gamenya juga bisa jalan dengan normal, maka selanjutnya tinggal kita Rip gamenya dengan mode Extreme, agar filenya bisa lebih kecil dari sebelumnya, dan file” yang sudah kita nonaktifkan tidak bisa lagi kita aktifkan kembali, karena filenya sudah zero file (0kb) walaupun nama filenya masih ada.

About these ads